teknik pemasaran melalui internet

NAMA : LENY APRIANI WADU HIRO NIM : 1523744161 KELAS : VI-D TEKNIK PEMASARAN MELALUI INTERNET 1. Pengertian pemasaran Internet Pemasaran bisnis melalui internet merupakan salah satu cara untuk memperluas jangkauan pasar. Melalui internet marketing, informasi produk Anda dapat menjangkau konsumen yang ada di pelosok negeri tanpa harus terjun langsung ke daerah tersebut untuk mempromosikan produk. Pemasaran Internet atau pemasaran elektronik adalah segala upaya yang dilakukan untuk melakukan pemasaran suatu produk atau jasa menggunakan media elektronik atau Internet. Huruf 'e' dalam e-marketing ini berarti elektronik yang artinya kegiatan pemasaran yang dimaksud dilaksanakan secara elektronik melalui jaringan Internet. Dengan terciptanya teknologi Internet, banyak istilah baru yang menggunakan awalan huruf e, seperti halnya: e-mail, e-business, e-gov, e-society, dll. Banyak orang beranggapan bahwa pemasaran Internet adalah segala hal yang berhubungan dengan mencari uang di Internet, yang sebetulnya hal ini tidak benar. Perlu diketahui bahwa sebagian besar program mencari uang di Internet adalah kegiatan yang dilarang dan merupakan kecurangan alias penipuan yang hanya menguntungkan untuk orang atau badan tertentu saja. 2. Lingkungan pemasaran Internet Kegiatan pemasaran Internet umumnya meliputi atau berkisar pada hal-hal yang berhubungan dengan pembuatan produk periklanan, pencarian prospek atau pencarian pembeli dan penulisan kalimat-kalimat pemasaran untuk menjual produk atau jasa. Pemasaran Internet ini secara umum meliputi kegiatan jasa digital, produk digital, dan periklanan dengan menggunakan spanduk digital. Periklanan dengan menggunakan spanduk digital seperti promosi melalui: • Mesin pencari • Surat elektronik • Afiliasi Kegiatan pemasaran Internet yang efektif meliputi banyak strategi dari optimisasi mesin pencari, jejaring sosial, dan iklan berbayar per klik. Dengan beragamnya strategi tersebut maka pembelajaran yang berkelanjutan untuk hal ini sangat penting. 3. Manfaat pemasaran online • Tidak terbatas dengan waktu karena bisa diakses 24 jam. • Menjagkau pasar yang lebih luas, bahkan sampai ke manca negara. • Mengurangi biaya pemasaran karena tidak perlu membuat outlet secara phisik dan juga tidak perlu brosur, spanduk, dan sebagainya. • Memudahkah pelaku usaha untuk menjalin hubungan dengan konsumen melalui komunikasi interaktif dengan memanfaatkan ruang diskusi chatting atau email Manfaat adanya pemasaran melalui internet antara lain sebagai berikut : a. Pemasaran melalui internet tidak terbatas oleh waktu, tidak seperti bisnis offline lainnya. Layanan pemasaran bisnis melalui internet bisa diakses konsumen selama 24 jam karena internet memiliki sistem otomatis yang dapat memberikan respon dengan cepat bila ada pesanan maupun permintaan dari para konsumen sehingga permintaan produk dari konsumen dapat Anda layani kapan saja dan dimana saja selama ada jaringan internet. b. Pemasaran melalui internet juga menjangkau pasar lebih luas. Melalui bisnis internet, Anda dapat menginformasikan produk Anda hingga ke seluruh daerah di nusantara, bahkan menjangkau pasar luar negeri. c. Dengan memakai strategi pemasaran melalui internet. Dapat meningkatkan image perusahaan Anda dimata para konsumen, sehingga memberikan nilai lebih bagi bisnis Anda untuk menghadapi persaingan bisnis yang ada. d. Mengurangi biaya pemasaran, karena pemasaran melalui internet lebih tertarget dan biayanya relatif lebih rendah dibandingkan biaya pemasaran offline yang biayanya lebih besar untuk membuat brosur, spanduk, banner dll. e. Memudahkan pelaku usaha untuk menjalin hubungan dengan para konsumen. Karena melalui internet dapat terjalin komunikasi yang interaktif antara konsumen dengan pelaku bisnis, misalnya saja melalui email marketing, kotak saran atau ruang comment, serta forum diskusi antar konsumen sehingga bila komunikasi terjaga dengan baik, loyalitas konsumen terhadap bisnis Anda juga dapat meningkat. 4. Strategi Pemasaran Melalui Internet a. Membuat Website atau Blog Membuat website merupakan poin utama jika Anda ingin mendalami internet marketing dan bisnis online. Di jaman yang sudah mulai digital ini, hampir semua orang kalau mencari sesuatu larinya adalah ambil smartphone atau laptop. Nah, dengan Anda mempunyai website sama artinya Anda sudah menaruh nama di dunia digital. Bisnis itu kita bangun adalah tidak untuk satu atau dua tahun, tetapi bisnis yang bisa bertahan selama mungkin. Website dari bisnis Anda itulah sebagai penanda bahwa bisnis Anda sudah siap bertarung di dunia digital. Saat ini sudah banyak usaha offline yang membuat website atau blog khusus untuk mempromosikan dan memasarkan produk melalui internet. Selain sebagai media pemasaran, website atau blog juga bisa menjadi salah satu cara untuk membangun brand bisnis mereka. Dan untungnya, membuat website itu tidak semahal menyewa ruko untuk tempat usaha. Bahkan ada beberapa platform gratis yang bisa dimanfaatkan. b. Pemasaran Bisnis Menggunakan Email Marketing Email marketing merupakan salah satu cara pemasaran online yang sudah cukup ‘jadul’ tapi masih tetap efektif hingga sekarang bahkan mungkin sampai nanti. Calon konsumen dengan suka rela memberikan alamat email mereka ke bisnis Anda adalah calon konsumen yang cukup potensial. Kita ibaratkan dalam orang pacaran, calon konsumen yang memberikan alamat email adalah yang cintanya tertunda. Saat ini mungkin dia tidak belanja, tapi kalau dia dengan suka rela memberikan alamat email berarti dia ada ‘rasa’, dan bisa dipastikan suatu saat dia akan berbelanja ditempat Anda. Menggunakan sistem email blast yang terencana, kita bisa mengirimkan email yang berisi penawaran secara berkala kepada konsumen ataupun calon konsumen. Dan kemungkinan besar orang yang belum pernah membeli produk yang Anda tawarkan pada suatu saat akan membeli produk di bisnis Anda, ini hanya masalah waktu saja. Untuk menggunakan strategi pemasaran dengan email marketing, maka kita harus menyewa layanan email marketing dan auto responder. c. Pemasaran Menggunakan Media Sosial Saat ini hampir semua orang mempunyai aplikasi media social di smartphone nya. Menurut data bahwa penggunaan medial social menempati urutan teratas dari pengguna internet. Beberapa media sosial terbaik untuk pemasaran bisnis diantaranya adalah : Facebook, Twitter, Instagram, YouTube. Yang menjadi tantangan ketika melakukan pemasaran melalui media sosial ini adalah saat membangun konten. Masing-masing media sosial mempunyai cara yang berbeda dalam penyajian konten, dan diperlukan pengetahuan dan ketrampilan yang cukup baik dalam mengelola sebuah akun media sosial untuk berbisnis. d. Pemasaran Menggunakan Iklan Meskipun lumayan banyak jenis pemasaran online tanpa biaya, namun beriklan di jaringan periklanan tetap memiliki kelebihan tersendiri yang tidak dimiliki oleh pemasaran gratis. Salah satu kelebihan beriklan adalah trafik potensial ke website bisnis kita bisa didapatkan dengan lebih cepat. Beberapa jaringan periklanan yang cukup banyak digunakan saat ini adalah : Google, Adwords, Facebook Ads, YouTube Ads, Twitter Ads, Instagram Ads. Setiap jaringan periklanan memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri. Misalnya Google Adwords, beriklan di jaringan periklanan milik Google ini sangat cocok untuk produk yang memberikan solusi terhadap masalah seseorang. Biasanya orang mencari informasi melalui Google, dan ketika orang tersebut mengetikkan sebuah kata kunci maka hasil pencarian akan disertai dengan iklan. Jadi, beriklan di Google Adwords memang sangat efektif bila kita ingin langsung jualan karena langsung ada calon pembelinya. Beda halnya jika kita beriklan di Facebook Ads. Beriklan di media sosial ini ibarat kita jualan door to door, orang tidak sedang ingin membeli sesuatu di Facebook tapi iklan kita terlihat di sana. Memang kemungkinan akan ada pembeli, tapi tidak seefektif Google Adwords. Namun, Facebook Ads memiliki kelebihan tersendiri, yaitu kemungkinan viralnya iklan Anda bila dikemas dengan unik sehingga akan mendapat kunjungan lebih banyak dari yang diharapkan. e. Pemasaran Melalui Konten Marketing Semakin banyak konten berkualitas yang kita posting melalui blog bisnis kita, maka peluang untuk mendapatkan trafik dari search engine juga akan semakin besar. Kita tahu bahwa sekarang ini orang Indonesia lebih suka mencari informasi melalui Google (Googling), mereka inilah calon konsumen bisnis Anda. Dengan menerapkan SEO (Search Engine Optimisation) pada setiap konten yang kita bangun, maka dapat dipastikan bahwa trafik potensial ke situs bisnis Anda akan terus bertambah.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

DESKRIPSI TENTANG RUANGAN DI POLITEKNIK NEGERI KUPANG